Kamis, 03 November 2016

Obat Sakit Gigi Ampuh yang Dijual di Apotik

Gigi adalah salah satu organ tubuh manusia yang terdapat dalam mulut. Gigi berfungsi sebagai alat pencernaan manusia yang paling fital. Gigi sering dijumpai pada hewan vertebrata. Setiap hewan yang memiliki gigi memiliki struktur yang berbeda-beda, sesuai dengan dengan tugas dan habitatnya. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Gigi pada menusia berfungsi sebagai alat untuk mengunyah makanan dan melumatkan makanan, selain itu gigi pada manusia juga berfungsi sebagai alat pemotong makanan seperti contoh saat makan kerupuk. Pada sisi lain gigi pada manusia juga menjadi salah satu lambang kesehatan semakin bersih dan rapi, bisa jadi seseorang itu selalu menjaga kesehatannya khususnya gigi, bahkan gigi juga menjadi salah satu simbol kecantikan dan ketampanan seseorang. Oleh karena itu kita sebaiknya senantiasa menjaga dan merawat kesehatan gigi agar tidak sakit gigi.

Apa itu Sakit Gigi?

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang menyakitkan. Karena rasa nyeri yang sangat dalam. Sakit gigi yaitu rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Setidaknya, sakit gigi dapat menyebabkan kepala pusing dan tidak nyenyak tidur.

Penyebab terjadinya sakit gigi

Sakit gigi yang sering kita jumpai adalah akibat dari kondisi gigi yang tidak sesuai dengan struktur aslinya atau telah terjadi kerusakan pada susunan gigi. Kerusakan pada gigi yang sering menyebabkan sakit gigi antara lain retaknya gigi, akar gigi yang keluar dari gusi atau bisa juga disebabkan karena gusi yang tidak beres. Penyebab kerusakan gigi ini biasanya dikarenakan kebiasaan hidup yang tidak baik. sakit gigi menyerang segala usia tidak hanya orang dewasa, anak-anakpun juga tidak luput diserang oleh derita sakit gigi jika tidak dirawat dengan baik.
Sakit gigi yang kita jumpai mempunyai banyak faktor dan sebab terjadinya sakit gigi. Yang sering kita ketahui penyakit gigi meliputi:
  1. rongga gigi
  2. infeksi gigi (abses gigi)
  3. penyakit gusi
  4. iritasi akar gigi
  5. sindrom gigi retak
  6. impaksi
  7. erosi gigi

Penyebab utama yang menyebabkan gigi sakit adalah karena adanya bakteri yang tumbuh berkembang pada gigi yang retak atau berlubang. Pada gigi yang retak dan berlubang biasanya mudah sekali ditumbuhi oleh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Pada saat sakit gigi menyerang terkadang berkumur dengan air hangat atau menggosok gigi sudah cukup ampuh untuk menggantikan obat sakit gigi yang dijual di apotik.

Kebiasaan Buruk Pemicu Terjadinya Sakit Gigi

Sedangkan kebiasaan orang yang tidak baik dan mempercepat terjadinya kerusakan gigi adalah:
  • memakan makanan yang masih panas
memakan makanan panas akan membuat gigi menjadi mudah rapuh
  • minum es setelah makan makanan yang panas
minum minuman yang dingin (es) setelah makan makanan yang pedas juga akan membuat gigi cepat rapuh. Seperti halnya kaca setelah dibakar dan dicelupkan ke dalam air akan langsung retak atau pecah.
  • tidak menjaga kebersihan gigi
Tidak membersihkan sisa makanan setelah memakan makanan yang mengandung banyak zat gula akan memicu bakteri berkembang biak pada gigi dan merusak organ gigi.
  • Merokok
Selain menimbulkan penyakit jantung dan paru-paru, sebenarnya merokok juga dapat mengurangi kesehatan gigi.

Obat Sakit Gigi yang Dijual di Apotik

Apotek adalah suatu tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian, penyaluran sediaan farmasi, dan perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. Pengertian ini didasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1332/Menkes/SK/X/2002 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 922/Menkes/Per/X/1993 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Apotek. source
Obat sakit gigi

Obat sakit gigi yang dijual di apotik biasanya hanya bersifat untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit gigi yang di derita bukanlah mengobati. Dalam memilih obat yang dijual di apotik untuk mengobati sakit gigi tidak boleh sembarangan. Ada baiknya anda mencari referensi obat yang cocok untuk mengobati sendiri di rumah, atau meminta resep dokter.

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Obat sakit gigi anak beda dengan obat sakit gigi untuk orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa obat untuk orang dewasa yang dijual dan tersedia di apotik yang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Asam Mefenamat.

Asam Mefenamat
Asam Mefenamat adalah obat yang tersedia di apotik dan harganya cukup terjangkau. Asam Mefenamat dipercaya dapat mengobati sakit gigi karena cara kerjanya menghambat sintesis prostaglandin yang terjadi karena nyeri.

Kalium Diclofenac. 

Kalium Diclofenac
Kalium Diclofenac dipercaya cukup ampuh untuk mengusir rasa sakit yang diakibatkan sakit gigi atau gusi bengkak. Kalium Diclofenac ini mudah didapat di apotik sekitar anda.

Paracetamol.

Paracetamol
Pada umumnya Paracetamol digunakan untuk mengobati sakit panas, akan tetapi juga ampuh mengobati sakit gigi yang seperti ditusuk jarum. 

Natrium Diclofenac.

Apabila anda mengalami sakit gigi khususnya karena gusi yang bengkak, anda bisa membeli obat di apotik untuk mengobatinya. Di apotik anda bisa membeli obat ini yaitu Natrium Diclofenac.

Antalgin.

Antalgin adalah obat yang sering kita jumpai dan mudah sekali kita dapatkan di warung terdekat, di warung saja ada, apalagi di apotik. Antalgin ini mempunyai unsur penghilang rasa nyeri yang sangat kuat. Bahkan anti nyerinya dipercaya lebih ampuh daripada Asam Mefenamat.

Itulah beberapa obat yang sekiranya dapat anda jadikan referensi obat sakit gigi yang dijual di apotik yang dipercaya ampuh menghalau sakit gigi. Tetapi jika anda membeli obat lebih baik anda menanyakan kepada pihak apoteker tentang obat yang cocok untuk mengobati sakit gigi yang anda derita. Apabila anda membutuhkan obat tradisional untuk mengobatinya silahkan kunjungi artikel obat sakit gigi alami.
Sekian semoga tulisan tentang obat sakit gigi ini, semoga memberi manfaat kepada kita semua. Dan semoga yang sedang menderita sakit gigi cepat segera disembuhkan. Dan jangan lupa tetap menjaga kesehatan kita khususnya kesehatan gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar