Selasa, 01 November 2016

Obat Sakit Gigi pada Anak yang Tepat

Gigi adalah salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat pencernaan. Pada saat mencerna makanan, gigi adalah proses yang paling pertama untuk dilewati. Gigi yang tidak sehat mengakibatkan terganggunya proses pencernaan dalam tubuh kita. Oleh karena itu kesehatan gigi harus dijaga dan dirawat agar tetap berfungsi secara sempurna untuk proses pencernaan kita. Apabila gigi yang kita punyai tidak sempurna pasti akan menghambat proses pencernaan.
Gigi yang tidak sehat akan membuat kita susah makan. Apalagi gigi yang yang tidak sehat, akan menimbulkan rasa sakit yang sangat tajam. Rasa sakit gigi akan membuat orang yang menderita menjadi susah berfokus terhadap pekerjaannya, sering terjangkit emosinya saat berada di keramaian dan susah tidur.
Obat sakit gigi anak
Ilustrasi sakit gigi pada anak

Kesehatan gigi harus dijaga oleh setiap orang dan segala usia. Bahkan anak balita  yang baru memiliki 1 buah gigi pun harus dijaga kesehatannya. Kerana sakit gigi tidak hanya menyerang orang tua atau orang dewasa saja sakit gigi juga menyerang anak-anak. Bahkan justru sakit gigi lebih sering dijumpai menyerang anak-anak. Apabila sakit gigi telah menyerang anak pasti kita tidak tega melihatnya karena sakit yang dia derita. Kita juga harus berpikir keras untuk menentukan obat sakit gigi yang tepat untuk anak.

Pemicu Sakit Gigi pada Anak

Sakit gigi yang menyerang pada anak seringkali ditimbulkan kerana faktor makanan. Makanan yang memicu terganggunya kesehatan gigi anak adalah makanan yang mengandung banyak gula atau pemanis. Makanan yang mengandung gula atau pemanis yang diknsumsi oleh anak akan tersisa dan menempel diantara sela-sela gigi. Pemanis yang tersisa diantara sela-sela gigi akan membuat bakteri berkembang biak. Bakteri yang berkembang biak pada gigi akan mengeluarkan zat asam. Zat asam yang dikeluarkan bakteri akan memicu kerusakan gigi. zat asam yang dikeluarkan bakteri akan merusak lapisan email gigi. Lapisan email gigi berfungsi sebagai pelindung gigi. Apabila email pelindung pada gigi rusak, maka bakteri akan masuk ke dalam gigi. Bakteri masuk ke dalam gigi melalui saluran. Setelah masuk kedalam saluran gigi, bakteri akan sampai pada syaraf. Apabila bakteri telah sampai pada syaraf, maka memicu radang dan mengakibatkan sakit gigi yang amat sangat sakitnya.
Sakit gigi tidak hanya ditimbulkan dari makanan saja. Khususnya bagi orang dewasa. Sakit gigi yang timbul pada orang dewasa bisa timbul karena penyakit yang diderita. Sakit gigi pada orang dewasa mungkin juga ditimbulkan dari sinusitis, polip, radang gusi, angina, jantung atau penyakit lainnya.
Sakit gigi yang menyerang pada anak, mempunyai berbagai macam. Terkadang anak yang menderita sakit gigi hanya merasakan ngilu, tapi terkadang ada juga yang merasakan sakit gigi yang teramat sangat sakitnya. Untuk orang tua yang mempunyai anak yang menderita sakit gigi sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk diperiksa kesehatan giginya, dan yang paling utama adalah untuk mendapatkan pertolongan agar sembuh dari derita sakit gigi. Tetapi terkadang dalam beberapa kasus tidak memungkinkan untuk membawa ke dokter. Tidak mungkin dibawa ke dokter karena sakit gigi yang datang mendadak pada saat malam hari, atau tempat tinggal yang jauh dari jangkauan praktek dokter gigi. Pada saat anak sedang mengalami sakit gigi, dan tidak memungkinkan untuk dibawa ke dokter, disinilah peran orang tua harus bijak dalam menangani anak yang sedang sakit gigi.

Pertolongan Pertama Pada Anak Sakit Gigi

Pada saat anak menderita sakit gigi orang tua harus pandai-pandai dalam memberikan pertolongan pertama kepada buah hatinya. Pertolongan pertama agar terlepas dari siksa sakit gigi. Berikut terdapat beberapa obat sakit gigi tradisional yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama untuk buah hati yang sedang menderita sakit gigi.



Menggunakan Es Batu

es batu
Es Batu dapat memberikan pertolongan pertama untuk buah hati yang sedang menderita sait gigi. Es batu dapat membantu mereda sakit gigi dengan cara memberikan pijatan pada area gigi yang sakit. Pijatan es batu yang dingin akan membuat penderita sakit gigi mati rasa di area yang terkena pijatan es. Mati rasa ini akan mengurangi rasa sakit yang diderita anak. Pijatan es batu ini meredam sakit gigi bersifat sementara.



Minyak Cengkeh

minyak cengkeh
minyak cengkeh dapat mengobati rasa sakit pada gigi caranya yaitu:
ambil kapas atau cotton buds, kemudian tetesi kapas atau cotton buds tadi dengan minyak cengkeh, kemudia olehkan pada gigi yang sakit.







Madu Murni

madu murni
tindakan untuk penangan anak yang sakit gigi yaitu madu. penanganan sakit gigi dengan menggunakan madu adalah teteskan madu pada gigi yang sakit. usakan madu yang diteteskan pada gigi tidak langsung dijilat atau ditelan. karena khasiat akan membuat khasiat madu hilang.






Bawang putih

bawang putih
Bawang putih yang sering kita jumpai di dapur untuk bumbu masak, ternyata juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Cara mengobati gigi yang sakit pada anak dengan menggunakan bawang putih adalah dengan cara menumbuk bawang putih hingga hancur, kemudian letakkan tumbukan bawang putih tersebut pada gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat agar sari pati bawang putih meresap ke dalam gigi.






Garam

garam beryodium
Selain bawang putih, bumbu dapur garam juga mampu menjadi obat sakit gigi anak. Mengobati gigi yang sakit dengan menggunakan garam yaitu:
Tuang air hangat ke dalam gelas, kemudian masukkan satu sendok garam ke dalam gelas, aduk sampai garam terlaru dalam air. Gunak air larutan garam tadi untuk berkumur. Larutan garam tadi mampu mereda rasa sakit gigi bukan rasa asin pada garam, tetapi yodium yang terkandung pada garam.








Itulah beberapa cara seagai bahan referensi anda untuk mengobati buah hati anak anda yang sedang menderita sakit gigi. Semoga tulisan ini memberi manfaat untuk kita semua. Khususnya bagi anda yang mencoba untuk berusaha menberikan obat sakit gigi untuk anak anda.

Perawatan Gigi Pada Anak

Gigi memang harus dirawat sejak kecil.  Karena gigi merupakan salat satu alat fital dalam mencerna makanan. Oleh karena itu perawatan gigi harus dilakukan secara rutin dan teratur. Berikut terdapat beberapa tips untuk merawat gigi anak yang masih di bawah lima tahun.


  • Membersihkan sisa makanan

Sisa makanan adalah factor utama yang membuat kerusakan pada gigi. kerusakan gigi yang disebabkan karena makanan biasanya disebabkan karena banyaknya kandungan suatu makanan. Kerusakan gigi yang disebabkan karena gula menempel pada gigi disebut dengan Karies. Untuk mencegah karies, orang tua harus rajin membersihkan sisa makanan yang ada pada mulut anaknya. Membersihkan sisa makanan khususnya pada saat setelah sang anak mengkonsumsi permen atau susu. Untuk perawatan gigi pada anak yang mengkonsumsi susu formula sebaiknya tidak memberikan susu pada saat menjelang tidur. Ganti susu formula dengan air putih untuk menhindari penumpukan gula pada gigi.

  • Menyikat Gigi Secara Teratur

Biasakan menyikat gigi pada anak untuk membersihkan sisa makanan pada giginya. Sikat gigi dilakukan setidaknya 2 kali sehari. Jangan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, karena dikhawatirkan pasta gigi akan tertelan. Gunakan pasta gigi khusus anak yang aman.


  • Periksa ke Dokter Gigi Teratur

Perawatan gigi lebih baik didampingi oleh ahli gigi yang telah menguasai di bidangnya. Pemeriksaan gigi ‘setidaknya dilakukan sekali dalam satu tahun.
Itulah 3 tips perawatan gigi untuk anak semoga anak kita selalu diberikan kesehatan, khususnya pada gigi.