Sabtu, 05 November 2016

Resep Obat Sakit Gigi Berlubang

Mungkin kita semua pernah merasakan sakit gigi, atau setidaknya pernah megnetahui orang tersiksa karena sakit gigi. Pasti anda tahu bagaimana rasanya sakit gigi. Sakit gigi terkadang datang secara tiba-tiba pada saat sedang beraktivitas, atau sedang menikmati hidangan makanan enak tiba-tiba datang sakit gigi bubar semua nikmatnya makanan.

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.[1]

Karena pentingnya gigi fungsi gigi pada sistem pencernaan tubuh kita, maka kita harus rajin menjaga gigi kita agar senantiasa sehat, kuat dan selalu menjalan tugasnya dengan baik. Apabila gigi kita sakit atau bermasalah, pasti akan terganggu sistem dalam tubuh kita terutama pencernaan. Selain itu apabila gigi kita rusak, pasti rasanya cenut-cenut tidak karuan. Rasa sakitnya dibayangkan saja sangat menyakitkan. Apabila telah datang sakit gigi telah datang pasti akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Aktivitas terganggu, makan tidak enak, mudah marah kalau sedikit tersinggung, harus bolos sekolah kalau masih sekolah.

Sakit gigi identik dengan gigi berlubang atau juga orang sering menyebutnya juga dengan keropos. Gigi berlubang adalah awal mula terjadinya sakit gigi,meskipun banyak juga sakit gigi disebabkan dari berbagai sebab seperti sakit jantung dan lain sebagainya. Awal mula terjadinya gigi berlubang adalah kurangnya kita dalam menjaga dan merawat kebersihan serta kesehatan gigi.

Penyebab Sakit Gigi Berlubang

Gigi kita pada saat awal tumbuh dalam keadaan utuh tidak keropos. Namun karena banyak faktor membuat gigi kita yang utuh menjadi berlubang. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan gigi berlubang
Penyebab Gigi Berlubang

Sikat Gigi Dengan Cara yang Salah

Tentang menyikat gigi sebenarnya mempunyai aturan. Jika menyikat gigi tanpa aturan tidak dapat mengusir kotoran pada gigi dengan bersih. Pada saat menyikat gigi lakukan selama kurang lebih 2 menit. Pada saat menyikat gigi usahakan dilakukan dengan memutar-mutar dan naik turun. Agar bulu sikat dapat menjangkau sela-sela gigi yang dalam.

Mengkonsumsi Makanan Bersoda

Minuman Bersoda, Minuman Energi atau minuman yang mengandung zat asam lainnya menyebabkan kerusakan pada gigi. Minuman ini dapat menyebabkan kerusakan gigi karena zat asam yang terkandung di dalamnya. Karena kita tahu bahwa zat asam dapat merusak kekuatan gigi. Zat asam yang menumpuk pada gigi membuat rapuhnya gigi dan berakibat gigi berlubang. Pada saat setelah mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman energi sebaiknya berkumur untuk menghilangkan zat asam yang terkandung pada minuman bersoda. Namun dalam catatan seorang dokter setelah mengkonsumsi makanan bersoda sebaiknya jangan langsung menggosok gigi, karena berakibat zat asam dari minuman bersoda tersebut malah menyebar dan masuk diantara sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sapuan sikat gigi. Seperti itulah kiranya gigi berlubang yang disebabkan oleh minuman Bersoda yang berlanjut pada sakit gigi.

Jarang Sikat Gigi

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan secara teratur, karena dengan menyikat gigi secara teratur akan membuat gigi kita menjadi lebih bersih selalu dan sehat. Menyikat gigi yang tidak teratur atau jarang, membuat bakteri jahat menumpuk di antara permukaan gigi terutama pada gigi berlubang atau retak sehingga merusak susunan gigi dan mengakibatkan sakit gigi.
Menyikat gigi sebaiknya dilakukan setidaknya 2 kali sehari atau setiap kali mandi agar gigi tidak mudah rapuh dan berlubang.

Memakai Sikat Gigi yang Salah

Sikat gigi yang dijual dipasar terdapat berbagai macam jenis. Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan tekstur gigi anda.

Makanan terlalu manis

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak pemanis atau gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Makanan mengandung gula dapat menyebabkan gigi berlubang karena tumpukan sisa makanan yang tertinggal pada gigi mengundang bakteri jahat.

Resep Tradisional untuk Gigi Berlubang

Tidak ada penyakit di dunia ini yang tidak bisa disembuhkan itu sudah diNas oleh tuhan. tergantung kita bagaimana menyikapi terhadap sakit yang kita derita. berikut ini adalah beberapa tindakan pengobatan sakit gigi. tulisan ini adalah lanjutan dari obat sakit gigi alami.
Obat Sakit Gigi Berlubang
Berikut ini beberapa resep untuk mengobati sakit gigi berlubang.

Menyikat Gigi

Bakteri merupakan pemeran utama dalam membuat gigi berlubang. Bakteri yang berkembang biak dan menyebabkan kerusakan gigi dan gusi dan pemeran utama yang membuat sakit gigi. Saat kita diserang sakit gigi lakukan pertama kali dengan menyikat gigi. Menyikat gigi bertujuan untuk mengusir bakteri yang menempel pada gigi yang menyebabkan sakit gigi.
Sikat Gosok Gigi

Tetesan Air Jeruk Nipis

Siapa yang tidak kenal denga jeruk nipis? Jeruk nipis yang kita ketahui saat ini, ternyata juga dapat mengobati sakit gigi berlubang. Mengobati sakit gigi berlubang dengan jeruk nipis yaitu dengan cara membelahnya dan meneteskannya pada pada gigi yang sakit. Jika tidak memungkinkan untuk memeras kedalam gigi yang sakit, anda bisa memerasnya kedalam gelas setelah itu gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 10 menit.
Jeruk Nipis

Berkumur dengan Air Garam 

Pengobatan gigi berlubang dengan garam yaitu dengan cara melarutkan garam pada gelas berisi air hangat dan diaduk. Setelah garam terlarut kedalam air, gunakan air larutan garam tersebut untuk berkumur. Yodium yang terkandung dalam garam akan menjadi obat sakit gigi berlubang.
Garam

Buah Belimbing Wuluh Asemnya Pembuang sakit gigi

Mengobati sakit gigi berlubang dengan buah belimbing wuluh yaitu dengan cara dimakan langsung atau diambil airnya saja. Pengobatan dengan cara dimakan langsung sebaik gunakan garam untuk mengurangi rasa asam dari belimbing wuluh. Jangan menggunakan gula untuk memakannya karena bisa jadi malah membuat parah sakit gigi. Kunyah secara perlahan-lahan jangan langsung ditelan atau dimuntahkan
Belimbing Wuluh

Minyak Cengkeh penghalau rasa sakit gigi

Cengkeh yang kita ketahui untuk bahan bumbu dapur atau bumbu rokok, juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi karena berlubang. Fungsi cengkeh dalam mengobati sakit gigi yaitu karena cengkeh memilki anti inflamasi, anti oksidan, anti bakter dan bersifat anestesi. Cengkeh yang digunakan untuk obat sakit gigi adalah minyak cengkeh. Cara pengobatan sakit gigi dengan minyak cengkeh adalah dengan cara meneteskannya ke dalam kapas atau cotton bud kemudian mengoleskannya pada gigi berlubang yang sakit. Atau anda bisa juga langsung meneteskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang sakit.
Minyak Cengkeh

Mengobati sakit gigi dengan Bawang putih

Benda yang sering kita jumpai di dapur ini adalah bawang putih. Selain untuk bumbu masakan dapur, bawang putih juga mempunyai peran obat sakit gigi berlubang. Cara pengobatan sakit gigi dengan menggunakan bawang adalah dengan cara menumbuk bawang bawang putih tersebut dan menempelkannya pada bagian gigi yang sakit.
Bawang Putih

Obat Gigi dengan Bawang Merah

Obat sakit gigi berlubang adalah bawang merah. Tidak kalah dengan saudaranya bawang putih, ternyata bawang merah juga mampu menjadi obat sakit gigi berlubang. Sifat anti mikroba dan antiseptik yang dimiliki bawang merah mampu mengontrol rasa yang diakibatkan sakit gigi. Cara menggunakan obat bawang merah ini bisa dengan cara seperti bawang putih diatas tadi, jika anda tidak sabar anda bisa langsung mengunyahnya. Selain untuk meredakan rasa sakit gigi, bawang merah juga dipercaya dapat membunuh bakteri jahat yang menempel pada gigi.
Bawang Merah

Daun Jambu Biji untuk Obat Gigi

Jambu biji yang tumbuh didepan halaman rumah kita juga mempunyai fungsi untuk mengobati sakit gigi. Jambu biji yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah daunnya. Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan daun jambu biji adalah dengan cara mengunyahnya secara langsung. Jika tidak memungkinkan untuk mengunyahnya, anda bisa memakai cara lain yaitu merebus beberapa lembar daun jambu biji dengan air 2 gelas air. Tunggu sampai airnya tinggal separuh dan gunakan untuk berkumur-kumur. 
Daun Jambu Biji

Mengobati Sakit Gigi dengan Lada

Lada atau bahasa lain merica adalah rempah-rampah yang sering juga kita temui di dapur. Lada juga mampu untuk mengobati sakit gigi. Lada berguna untuk mengobati gig yang sensitif. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan lada yaitu dengan cara menghaluskannya dengan dicampur garam dengan takaran 1:1. Setelah lada dan garam telah halus, tambah air secukupnya (nyemek-nyemek). Kemudian tempelkan adonan lada tadi pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit.
merica lada

Biji Asam Jawa Obat Sakit Gigi Keropos

Membahas asam jawa, teringat pepatah “Garam di Laut Garam di Gunung Bertemu di Belanga”, Sementara lupakan pepatah itu. Kita fokus pada pengobatan sakit gigi dengan mengunakan biji asam jawa. Mengobati sakit gigi dengan menggunakan biji asam jawa yaitu dengan cara menumbuknya dan menempelkannya pada bagian gigi sakit karena berlubang.
Biji Asam Jawa

Sekian tulisan tentang resep obat sakit gigi berlubang ini. semoga kita cepat diberikan kesemuhan oleh tuhan. jika anda membutuhkan referensi tentang obat yang gigi yang lain silakn kunjungi obat sakit gigi yang dijual di Apotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar